25 April 2024

Dekranasda

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Batam

BATAM BATIK FASHION WEEK 2018

3 min read

Batik merupakan budaya yang telah lama berkembang dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Batik mulai dikenal di Indonesia sejak abad XVII, awalnya ditulis di atas daun lontar, namun perkembangan batik hingga menjadi ciri khas Indonesia dimulai dari jaman Kerajaan Majapahit hingga sekarang diakui UNESCO dengan dimasukkan dalam daftar representatif sebagai budaya tak-benda warisan manusia (Representative List Of The Intangible Cultural Heritage Of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-Benda di Abu Dhabi UEA pada Tanggal 02 Oktober 2009.

Dekranasda Kota Batam sebagai wadah pengembangan kerajinan, antara lain kerajinan batik, kerajinan tenun/ songket, kerajinan rajut, kerajinan kerang, kerajinan kayu, dan kerajinan logam bersama Pemerintah Kota Batam dan mitra kerja mendorong pengembangan produk kerajinan unggulan yang berkualitas sebagai ikon Kota Batam.

Batam Batik Fashion Week (BBFW) 2018 yang dihadirkan oleh Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Batam merupakan upaya pengembangan baik kualitas maupun kuantitas sumber daya pelaku industri kreatif yang merupakan lokomotif ekonomi kreatif Kota Batam, terutama para pengrajin batik.

Dalam memaknai kegiatan Batam Batik Fashion Week 2018 dengan tema “Celebration Of Batik Batam”, Dekranasda Kota Batam mengemas acara yang diawali dengan Roadshow Batam Batik Fashion Week 2018 di 5 (lima) mall di Kota Batam, pameran Batik dan Craft dengan dimeriahkan oleh hadirnya mini gallery batik oleh Komunitas Batik Batam, workshop batik, dan Talkshow mengenai batik oleh Ketua Umum Dekranasda Kota Batam, fashion designer, dan pembatik Kota Batam. Rangkaian Roadshow BBFW 2018 diadakan pada waktu & tempat berikut.

  1. Roadshow Batam Batik Fashion Week 2018 di Kepri Mall (27 Juni 2018) menampilkan fashion show oleh designer Kedai Cantik by Isa Utama (http://www.instagram.com/isautama) kolaborasi dengan batik Batam Selaras by Cak Pir (https://dekranasda.batam.go.id/daftar-pengrajin-batik/)
    Tema fashion show: Love Of Love (LOL)
  2. Roadshow Batam Batik Fashion Week 2018 di Mega Mall (30 Juni 2018) menampilkan fashion show oleh designer Luhung de La Mode (http://www.instagram.com/luhung_lamodeofficial) by Luhung Esa Pertiwi kolaborasi dengan Alnel Batik Art by Mahendra Kurniawan (https://dekranasda.batam.go.id/daftar-pengrajin-batik). Tema fashion show: Harmonizing
  3. Roadshow Batam Batik Fashion Week 2018 di Panbil Mall (07 Juli 2018)menampilkan fashion show oleh designer Lawa by Reno Agustriono (http://www.instagram.com/renoagustriono) kolaborasi dengan Wan Citra Batik by Bambang Yulianto (https://dekranasda.batam.go.id/daftar-pengrajin-batik/). Tema fashion show : Senja
  4. Roadshow Batam Batik Fashion Week 2018 di DC Mall (15 Juli 2018) menampilkan fashion show oleh designer NR Atelier (http://www.instagram.com/natasyarofalinaatelier) by Natasya Rofalina kolaborasi dengan batik Puan Lawa by Yayuk dan batik Sri Rejeki by Suratno (https://dekranasda.batam.go.id/daftar-pengrajin-batik/). Tema fashion show : Kasual Remaja
  5. Roadshow Batam Batik Fashion Week 2018 di Mega Mall (19 Juli 2018) menampilkan fashion show oleh designer Waode Collection (http://www.instagram.com/waodecollection) by Waode Nila Sari kolaborasi dengan batik Jemari Mas by Alfi Mas’adati (https://dekranasda.batam.go.id/daftar-pengrajin-batik/). Tema fashion show : Oceanic Beauty

 

Roadshow Batam Batik Fashion Week 2018 juga dimeriahkan oleh :

  1. Kota Florist (CP: Kristin +628127023900)
  2. Dance dari Young Star Production by Isa Utama
  3. Budi Fasola Organ (CP: Budi +6281364619755)
  4. Dude Organ (+628127023900)
  5. Kiel (+6281363000151)

Dekranasda Kota Batam menginisiasi upaya memotivasi dan mengangkat harkat para pengrajin batik serta mendukung usaha meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendukung pengembangan pariwisata di Kota Batam dengan Roadshow Batam Batik Fashion Week 2018. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengangkat pandangan masyarakat tentang fashion batik khususnya di Kota Batam melalui ide dan kreativitas designer muda Batam serta untuk lebih menunjang pengembangan industri fashion di Kota Batam.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.